large image
KEPALA SEKOLAH

Drs. Sukamto, M.M.
NIP. 19640926 199003 1 006
KRITIK DAN SARAN
ALUMNI SMAGASKH
  • Register Alumni
  • Daftar Alumni
LINK TERKAIT
  • Sergur
  • Kemdikbud
  • NISN
  • Pemkab Sukoharjo
Catat, Ini Syarat dan Jadwal Pendaftaran PPDB Jawa Tengah Tahun 2020
Kategori Berita | Diposting pada : 2020-06-09 -|- 08:58:00 oleh Admin
Share this article on

SEMARANG, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 juga berimbas pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) yang bakal digelar pada Juni 2020. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah Jumeri mengatakan PPDB pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Syarat pendaftaran saat ini tak lagi mengacu pada surat keterangan ujian nasional (UN) akan tetapi berdasarkan nilai rapor dari semester satu sampai lima. "Kalau dulu syarat mendaftar acuannya surat keterangan UN, sekarang karena UN ditiadakan maka acuannya adalah nilai raport dari semester 1-5. Kami sudah berikan perintahkan Kepala Sekolah Menengah Pertama ( SMP) Negeri dan Swasta serta Mts untuk membuat surat keterangan nilai rapor itu," kata Jumeri dalam keterangan tertulis, Jumat (8/5/2020). Selain itu, terkait zonasi ada perbedaan dari tahun lalu. Jika tahun lalu jalur zonasi ditetapkan 80 persen, pada pelaksanaan PPDB tahun ini, zonasi hanya ditetapkan minimal 50 persen. Sisanya diisi jalur prestasi 30 persen, afirmasi untuk anak miskin, difabel dan olahraga sebesar 15 persen dan jalur perpindahan orang tua sebesar 5 persen. Jumeri menjelaskan, untuk pelaksanaan pendaftaran jalur inklusi dan kelas olahraga akan dimulai pada 2-4 Juni 2020, sedangkan jalur reguler dimulai pada 15-25 Juni 2020. "Semua pelaksanaan pendaftaran akan dilaksanakan secara online. Siswa dan orang tua siswa diminta tidak perlu datang ke sekolah untuk melakukan pendaftaran," ujarnya. Bahkan, sejumlah persyaratan, lanjut dia, juga akan diubah sesuai kondisi. Misalnya surat keterangan sehat dari dokter untuk calon siswa SMK, karena Covid-19, surat itu diganti dengan pernyataan orangtua."Soalnya kalau harus mencari surat itu, nanti mereka berbondong-bondong ke rumah sakit atau puskesmas. Itu cukup berbahaya, sehingga kami mengganti dengan keterangan orangtua," jelasnya. Terkait daya tampung, PPDB tahun ini menampung 216.156 siswa, terdiri dari kapasitas SMA 115.908 dan kapasitas SMK 100.248. Sementara lulusan SMP/Mts tahun ini di Jateng totalnya sekitar 513.178 siswa. "Kami tidak menambah kuota, karena sisa kuota ini biar ditangkap sekolah-sekolah swasta yang ada," tegasnya. Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan agar orangtua siswa tidak memalsukan data-data demi anaknya untuk diterima di sekolah tertentu. Ganjar juga mengusulkan kepada Dinas Pendidikan untuk memberikan jalur khusus bagi anak-anak tenaga medis yang berjuang melawan Covid-19. Anak-anak para tenaga medis itu diminta Ganjar dimasukkan dalam kuota jalur afirmasi. "Jadi ini usul saja, sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada para tenaga kesehatan yang telah berjuang melawan Covid-19," katanya.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Catat, Ini Syarat dan Jadwal Pendaftaran PPDB Jawa Tengah Tahun 2020", https://regional.kompas.com/read/2020/05/08/17410401/catat-ini-syarat-dan-jadwal-pendaftaran-ppdb-jawa-tengah-tahun-2020.Penulis : Kontributor Semarang, Riska FarasonaliaEditor : Khairina

Pembukaan PPDB Tingkat SMA dan SMKN di Jawa Tengah Mulai 17 Juni 2020
Kategori Berita | Diposting pada : 2020-06-09 -|- 09:00:00 oleh Admin
Share this article on

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah mengeluarkan Juknis Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA dan SMKN.
Menurut Kepala SMAN 3 Semarang, Wiharto, untuk rangkaian pendaftaran di sekolah yang dia pimpin belum ada.
"Untuk saat ini belum ada PPDB pada semua unit SMAN se Jawa Tengah. Pendaftaran baru dibuka besok pada 17 Juni 2020," ucap Wiharto yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Semarang itu kepada Tribun Jateng, Kamis (28/5/2020).
Dia menuturkan, mengenai belum dilaksanakannya PPDB juga masih menunggu kelulusan SMP.
Dalam Juknis yang dikeluarkan Disdikbud Provinsi Jawa Tengah, dituliskan jadwal PPDB, dengan beberapa tahapan.
Mulai dari penetapan zonasi, pengumuman PPDB, hingga jadwal masuk sekolah.
"Untuk penetapan zonasi pada tanggal 14 Mei 2020. Pendaftaran dibuka 17 Juni dan ditutup 25 Juni 2020 pukul 16.00 WIB. Hari pertama masuk sekolah yaitu 13 Juli 2020," ucap Jumeri pada Juknis yang dikeluarkan pada 15 Mei 2020 lalu.
Dalam Juknis itu disebutkan, mengenai tata cara pendaftaran dilakukan dengan situs website PPDB daring melalui http://ppdb.jatengprov.go.id.
Selain itu peserta didik juga harus membuat surat pertanyataan kebenaran dokumen.
"Calon peserta didik harus melakukan registrasi akun dan verifikasi pendaftaran mandiri di sistem aplikasi PPDB. Setelah itu menginput data pribadi sesuai alur dalam sistem aplikasi PPDB.
Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Pembukaan PPDB Tingkat SMA dan SMKN di Jawa Tengah Mulai 17 Juni 2020, https://jateng.tribunnews.com/2020/05/28/pembukaanppdb-tingkat-sma-dan-smkn-di-jawa-tengah-mulai-17-juni-2020.Penulis: Muhammad SholekanEditor: m nur huda

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun 2020
Kategori Berita | Diposting pada : 2020-06-09 -|- 09:03:00 oleh Admin
Share this article on

Keseluruhan Tahapan PPDB akan diselenggarakan secara daring, dengan memberikan kemudahan bagi calon peserta didik tidak mengunggah/upload dokumen secara keseluruhan, namun cukup mengunggah/upload Surat Pernyataan.


Daya tampung SMA Negeri 3 Sukoharjo :
10 Kelas (360 Peserta Didik) terdiri :



  • Program MIPA           =  5 Kelas ( 180 siswa ) 

  • Program IPS              =  4 Kelas ( 144 siswa )

  • Program Bahasa       =  1 Kelas ( 36 siswa )


Jalur Pendaftaran dan Quota :



  • Zonasi = Minimum 50% dari daya tampung

  • Afirmasi = Minimum 15% dari daya tamping

  • Prestasi = Maximum 30% dari daya tampung

  • Perpindahan Orang Tua = Maximum 5% dari daya tampung)


 


Jalur Zonasi


Zonasi adalah Wilayah Desa/Kelurahan dalam jarak terdekat dengan Satuan Pendidikan



  1. Jarak tempat tinggal dihitung berdasarkan jarak tempuh kantor desa/ kelurahan ke Satpen

  2. Calon peserta didik yang berasal dari satu RW (RukunWarga) dengan satuan pendidikan, diprioritaskan diterima.

  3. Calon Peserta Didik dari Pondok Pesantren, zonasi sekolah mengikuti tempat kedudukan Pondok Pesantren.

  4. Pengaturan Zonasi ini dikecualikan bagi Inklusi dan Kelas Khusus Olahraga (KKO).


Jalur Afirmasi


Jalur afirmasi diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berasal dari:



  1. Keluarga ekonomi tidak mampu ( KIP dan atau Kartu Miskin yang dikeluarkan pemda dan terdaftar dalam Basis Data Terpadu BDT)

  2. Panti asuhan yang ditetapkan oleh Dinsos Kab/ Prov,

  3. Peserta Afirmasi adalah dari dalam dan luar Zonasi Sekolah bersangkutan

  4. Bagi Putera–Puteri Nakes Covid19 diterima langsung (RS Lini 1, 2 dan 3) bersumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jateng


Jalur Prestasi



  1. Nilai Rapor Semester  I s.d V  SMP/MTs  atau yang  sederajat,  yaitu nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika,  Bahasa Inggris,  dan IPA.

  2. Nilai Kejuaraan adalah nilai dari kejuaraan di masa SMP/MTs ( Kejuaraan yang diperoleh minimal 6 bulan dan maksimal 3 tahun)

  3. PoinTambahan nilai sebesar 2,25 diberikan kepada calon peserta didik di dalam zonasi yang  mendaftar pada jalur prestasi di zonanya


Jalur Perpindahan Orang Tua



  1. Jalur mengikuti perpindahan tugas orang tua/wali dibuktikan dengan surat penugasan orang tua/wali.

  2. Kuota jalur perpindahan tugas orang tua/wali dapat digunakan untuk anak guru yang  mendaftar pada satuan pendidikan tempat orang tua/wali bekerja sebagai guru.

  3. Peserta didik yang mendaftar melalui jalur perpindahan tugas orang tua/wali merupakan  peserta didik  dengan  Kartu Keluarga di luar wilayah zonasi Sekolah yang  bersangkutan.

  4. Jika Pendaftar Kurang dari daya tampung, sisa kuota digunakan jalur zonasi.


 


Persyaratan Pendaftaran :



  • Buku Raport

  • Surat Keterangan Nilai Raport Semester 1 s.d. 5 yang diterbitkan satuan pendidikan

  • Ijazah SMP/Surat Keterangan yang berpenghargaan sama

  • Akta Kelahiran

  • Kartu Keluarga (KK)

  • Surat Keterangan dari Pondok Pesantren terdaftar dapa EMIS yang diterbitkan oleh   Kementerian Agama

  • Surat dari Dinkes bagi putra/putri tenaga kesehatan dan tenaga pendukungnya

  • KIP / PKH

  • Piagam Penghargaan (bila memiliki)

  • Surat Penugasan dari Instansi, Lembaga, Kantor, Perusahaan (Jalur Perpindahan Orang Tua)


Pilihan Pendaftaran



  • Calon peserta didik dapat mendaftarkan diri pada 1 (satu) satuan pendidikan melalui jalur zonasi, atau prestasi, atau prestasi di dalam zonasi

  • Selain melakukan pendaftaran PPDB melalui jalur zonasi, calon peserta didik dapat melakukan pendaftaran melalui jalur Afirmasi atau jalur Prestasi diluar zonasi masing-masing 1 (satu) satuan pendidikan

  • Calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur perpindahan tugas orang tua dapat mendaftar pada 1 (satu) satuan diluar zonasinya


Surat pernyataan dapat diunduh pada link berikut : http://103.84.192.252/SURAT%20PERNYATAAN.docx


Brosur SMA Negeri 3 Sukoharjo dapat diunduh pada link berikut : http://103.84.192.252/MMT_SMA_3_SUKOHARJO.jpg

Hari Ini, Pendaftaran 6 Sekolah Kedinasan Dibuka, Simak Syarat dan Link-nya
Kategori Berita | Diposting pada : 2020-06-09 -|- 08:55:00 oleh Admin
Share this article on

KOMPAS.com - Pendaftaran enam sekolah kedinasan mulai dibuka pada hari ini, Senin (8/6/2020) pukul 08.20 WIB. Hal itu sesuai dengan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dengan nomor B/435/M.SM.01.00/2020. Pendaftaran akan ditutup pada 23 Juni 2020 pukul 23.59 WIB. Peserta dapat mendaftar online melalui portal milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) ini: Link Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020.  Berikut 6 sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran beserta syarat dan link yang bisa diakses: 1. Poltekip dan Poltekim Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menjadi salah satu instansi yang membuka pedaftaran sekolah kedinasan di tahun ini. Kemenkumham membuka seleksi penerimaan calon Taruna/Taruni Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Imigrasi (POLTEKIM). Kriteria pelamar terbagi menjadi empat formasi, yaitu: Formasi umum Formasi putra/putri Papua atau Papua Barat Formasi pegawai Formasi pegawai putra/putri Papua atau Papua Barat. Poltekip adalah pendidikan sekolah kedinasan Diploma IV di bidang teknis Pemasyarakatan dengan program kuliah selama 4 (empat) tahun setara dengan Strata 1 (S1), yang akan ditempatkan dalam Jabatan Penelaah Status Warga Binaan Pemasyarakatan atau Analis Pemasyarakatan. Sementara itu, Poltekim adalah pendidikan sekolah kedinasan Diploma IV di bidang teknis Keimigrasian dengan program kuliah selama 4 (empat) tahun setara dengan Strata 1 (S1), yang akan ditempatkan dalam Jabatan Analis Keimigrasian
2. Politeknik Statistika STIS Lihat Foto Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Statistika STIS() Sekolah kedinasan yang bernaung di bawah Badan Pusat Statistik (BPS) ini juga akan menerima mahasiswa baru. Sebanyak 600 orang terbaik akan dipilih untuk menjalani masa ikatan dinas. Rinciannya:150 mahasiswa untuk Program Studi Statistika Program Diploma 3 300 mahasiswa untuk Program Studi Statistika Program Diploma IV 150 mahasiswa untuk Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma IV Lulusan Program Diploma III akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan II/c dan akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS) seluruh wilayah Indonesia. Lulusan Program Diploma IV akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan III/a dan akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/Instansi lainnya di seluruh wilayah Indonesia. Selama masa pendidikan, mahasiswa dibebaskan dari biaya pendidikan (tanpa uang saku).
3. Institut Pemerintahan Dalam Negeri ( IPDN) Kementerian Dalam Negeri juga membuka seleksi masuk sekolah kedinasan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Persyaratan umum yakni Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 16 tahun saat seleksi dan maksimal 21 tahun pada 31 Desember 2020. Tinggi badan pendaftar bagi priaminimal 60 cm dan wanita minimal 155 cm. Jika pendaftar dinyatakan lulus dan dikukuhkan sebegai Praja IPDN, maka pendaftar sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan. Selain itu, bersedia diangkat menjadi CPNS atau PNS dan ditugaskan atau ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia. Bersedia pula untuk ditempatkan pada proses pembelajaran di seluruh kampus IPDN.4. STIN Lihat Foto Pengumuman Sekolah Kedinasan STIN(https://stin.ac.id/) Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) yang dikelola Badan Intelijen Negara ( BIN) juga membuka pendaftaran taruna baru. Kuota yang disediakan oleh STIN yakni sebanyak 250 orang. Berikut tahapan seleksi sekolah kedinasan STIN:Pendaftaran online Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Tes Psikologi Tes Kesehatan Fisik dan Jiwa Tes Kesamaptaan Jasmani Mental Ideologi/Wawancara5. Sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan Sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini juga mengumumkan akan menerima pendaftaran taruna atau taruni baru. Formasi yang disiapkan sejumlah 2.676 formasi terdiri dari 1.932 formasi prodi Pola Pembibitan Kemenhub dan 744 formasi prodi Pola Pembibitan Pemerintah Daerah. Pendaftaran dilakukan secara online melalui portal https://dikdin. bkn.go.id pada 8-23 Juni 2020. Berikut rincian jadwal seleksi penerimaan taruna/taruni di lingkungan Kemenhub. Pendaftaran: 8-23 Juni 2020 Pengumuman peserta SKD: 13 Juli 2020 Pelaksanaan SKD: 18-24 Juni 2020 Pengumuman peserta tes kesehatan dan kesamaptaan: 7 Agustus 2020 Pelaksanaan tes kesehatan dan kesamaptaan: 10-23 Agustus 2020 Pengumuman hasil tes kesehatan dan kesamaptaan: 8 September 2020 Pelaksanaan tes psikotes dan wawancara: 14-22 September 2020 Pengumuman hasil pantukhir: 6 Oktober 20206. Poltek SSN Lihat Foto Penerimaan Mahasiswa Baru Poltek SSN() Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menerima siswa baru melalui tiga program studi (prodi) Diploma IV. Adapun tiga prodi tersebut adalah: Prodi Rekayasa Kriptografi (Minat Rekayasa Sistem Kriptografi dan Minat Rekayasa Perangkat Lunak Kriptografi) Prodi Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi Prodi Rekayasa Keamanan Siber. Periode pendaftaran dilakukan pada 8-23 Juni 2020. Dokumen persyaratan di antaranya file pas foto berwarna terbaru (bukan hasil scan) dengan latar belakang berwarna merah (jpg maksimal 200 kb). Syarat lainnya, scan KTP asli atau Kartu Keluarga asli (bagi yang belum punya KTP) (jpg maksimal 200 kb). Lalu, scan haaman profil atau identitas lengkap (biodata siswa) pada rapor asli (pdf maksimal 500 kb). Scan halaman nilai rapor semester IV dan V (dalam satu pdf) yang memuat nilai pengetahuan matematika dan Bahasa Inggris (pdf maksimal 1.000 kb)
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Ini, Pendaftaran 6 Sekolah Kedinasan Dibuka, Simak Syarat dan Link-nya", https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/08/055100365/hari-ini-pendaftaran-6-sekolah-kedinasan-dibuka-simak-syarat-dan-link-nya.Penulis : Dandy Bayu BramastaEditor : Inggried Dwi Wedhaswary



Baca Juga Berita Lainnya
    JAJAK PENDAPAT

    Menurut anda, apakah pemanfaatan IT (Information Tecnology) menjadi unsur penting dalam pelaksanaan kurikulum 2013 ?

    Tidak setuju
    Ragu ragu
    Setuju
    Sangat Setuju

    Lihat Hasil Polling
    PENGUMUMAN TERBARU
    AGENDA SEKOLAH TERBARU
    STATISTIK PENGUNJUNG
    • Dikunjungi oleh : 144985 user
    • IP address : 3.236.156.32
    • OS : Unknown Platform
    • Browser :
    GALERI KEGIATAN TERBARU
    BERGABUNG DENGAN GROUP KAMI DI FACEBOOK